Personal Data

Foto Saya
aL dhimas
put the word in: uncommon
Lihat profil lengkapku

cerita 365 keba(j)ikan: hari keseratus lima

Jumat, 14 April 2017 | Label: | 0 komentar


pagi ini saya menyapu teras depan rumah, saya dikejutkan dengan kehadiran seorang perempuan paruh baya. dia menawarkan beberapa helai pakaiannya dengan harga dua puluh ribu untuk keperluannya membeli beras dan sayur. ya itu, pengakuannya.

buat orang-orang yang mengenal saya pasti sudah bisa menebak apa yang saya lakukan selanjutnya. ya, saya mengambil uang di dompet senilai penawarannya dan memberikan pada perempuan itu tanpa harus ditukar dengan pakaian.

beberapa orang mungkin menyebut saya ‘baik sekali’, ada juga yang mungkin bilang ‘bodohnya’, dan ya pasti lah ada yang diam tak berkomentar.

intuisi. itulah sesuatu yang saya gunakan tiap saya menghadapi hal di luar kebiasaan. alih-alih berpikir segala kemungkinan, saya justru mengikuti apa kata intuisi saya. ketika intuisi mengatakan ‘lakukan’ ya saya lakukan, demikian pula kebalikannya.

saya percaya ada hal-hal dalam hidup yang pemecahannya nggak harus melulu menggunakan logika. kata hati bisa jadi salah satu yang dapat menggantikan logika. selama kita percaya ya lakukan saja. toh, selama yang kita lakukan bukan hal buruk ya mudah-mudahan kebaikan akan tetap menyertai kita.

oh iya, masalah peminta-minta ataupun pengemis, memang kerap digunakan sebagai topeng oleh sebagian oknum untuk mengambil keuntungan. tapi percaya saja pada intuisi kita, supaya kita nggak perlu lagi mengungkit lagi apa yang kita beri pada mereka.
 
dan satu lagi, terlepas apakah beneran atau cuma pura-pura. jangan pernah menghardik pengemis. sebab kalau mereka memang benar butuh bantuan kita, akan timbul sakit hati di diri mereka. dan kalau pun tebakan kita benar kalau mereka berbohong, menghardik kita nggak membuat kita menjadi orang yang lebih baik dari mereka.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer