Personal Data

Foto Saya
aL dhimas
put the word in: uncommon
Lihat profil lengkapku

cerita 365 keba(j)ikan: hari keseratus dua puluh

Sabtu, 29 April 2017 | Label: | 0 komentar


lower your ego

ngenggres dulu dikit. sekedar ngasih tau kalau terkadang saat kita meminta bantuan kepada seseorang, penggunaan bahasa saja nggak cukup. ada ego yang harus sedikit kita turunkan. sebab konsepnya ketika kita meminta bantuan maka tangan kita harus berada di bawah.

sahabat saya, terutama, paham benar ketika saya membutuhkan bantuan mereka. ada penggunaan kata-kata yang nggak biasa saya gunakan sehari-hari muncul saat saya butuh pertolongan. mau pertolongan besar atau kecil saya selalu bilang ‘saya nggak sanggup. saya butuh bantuan’. ya, ada kejujuran dalam upaya meminta pertolongan. alih-alih menggunakan ‘saya bisa sih tapi...’, saya lebih suka mengakui ketidakberdayaan saya saat meminta bantuan. bukan kah kita minta bantuan karena memang kita nggak sanggup lagi melakukannya?!

contoh kecilnya nih, kenapa saya memilih untuk menitipkan cucian pakaian saya ke jasa pencucian pakaian daripada mengerjakannya sendiri. ya, karena memang saya belum bisa mengatur waktu untuk mencuci pakaian sendiri. maka itu saya nggak segan meminta tolong dan bilang ‘saya masih belum sempat nyuci, boleh bantu saya?’.

bukan hal yang gampang memang menurunkan ego itu. apalagi buat kita yang punya gengsi tinggi. tapi biar gimana pun tetap menyimpan gengsi nggak akan membuat kita bertahan, justru mungkin akan membuat kita semakin terpuruk. menurunkannya sedikit akan memberikan kita sedikit ruang untuk bernafas dan merancang lagi kehidupan kita yang sempat sesak.
 
kedengarannya sulit tapi bukan berarti nggak bisa.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer