Personal Data

Foto Saya
aL dhimas
put the word in: uncommon
Lihat profil lengkapku

(mencoba) ikhlas

Jumat, 11 Juli 2014 | Label: , , | 0 komentar

masih dalam hitungan bulan, saya kehilangan seorang sepupu saya... ramadhan kali ini saya (kembali) harus kehilangan seseorang yang saya sayangi dari lingkungan keluarga.

tante, yang biasa saya panggil ibu, pergi mendahului saya dan keluarga menjelang dikumandangkannya azan ashar sebagai penanda pergantian hari. sebuah berita yang membuat saya hampir kehabisan nafas saat mendengarnya.

ibu adalah sosok periang yang mampu mengubah suasana menjadi penuh canda tawa dengan kehadirannya pada setiap pertemuan keluarga. ibu mampu men-cover hampir semua cerita sedih yang biasa turut hadir di sela-sela percakapan dalam pertemuan keluarga. ibu yang ceria selalu punya keoptimisan yang bisa di bagi saat menasehati kami – anak-anak dan keponakannya – yang kerap kali membuat pusing para orang tua kami. ibu sebagai seorang guru selalu berhasil menenangkan hati kami ketika para orang tua menolak pendapat kami. karena itu rasa kehilangan akan beliau begitu kuat menyelimuti kami, terutama saya.

sampai saat ini kekaguman saya terhadap sosok ibu takkan pernah habis. saya selalu menerima fakta bergaris tebal bahwa setiap manusia punya masalah, tapi ibu berhasil mengajarkan saya bahwa ketegaran adalah sesuatu yang harus saya miliki saat menghadapi masalah selain tersenyum dan tertawa sebagai obat paling mujarab seberat apapun masalah yang sedang kita hadapi. selama ini canda tidak pernah lepas dari bibir ibu setiap kali kami bertemu. selalu saja ada bahan candaan yang bisa membuat kami tertawa dan melupakan sejenak beban hidup kami. satu hal yang tidak akan pernah bisa saya lupakan.

ibu merupakan motor dalam keluarga besar kami. beliau kaya akan ide-ide segar sebagai akibat kesupelannya dalam pergaulan. ada saja hal-hal (terutama makanan) unik yang disampaikannya dan membuat kami tergugah untuk mencoba. sosoknya yang mampu membagi tugas tanpa harus memerintah kepada kami semua setiap kali ada hajatan dalam keluarga besar kami. she’s the leader, yang tanpanya keberadaan keluarga besar kami seperti sayur tanpa garam. hambar. meski begitu saya berharap semoga setelah kepergian ibu hari ini, keluarga besar kami tetap bisa bergandengan tangan menyusuri hari.

kematian memang sesuatu yang pasti. saya tak ingin menangis, tapi apa lah daya yang bisa saya lakukan ketika air mata itu jatuh sendiri. bukan dipaksa melainkan karena begitu besarnya rasa kehilangan yang saya terima. ini salah saya, yang begitu manja sampai sebegitu sulit menerima kenyataan bahwa saya harus bisa mandiri setelah ibu pergi.

merindukan ibu adalah satu hal yang lain lagi, tapi pagi ini... saya siap mencoba untuk berbesar hati. melapangkan dada dan mengikhlaskan kepergian ibu agar beliau bisa berjalan tenang dalam kedamaian abadi.

bukankah rasa sayang saya pada ibu harus dibuktikan dengan keikhlasan melepas beliau ke Yang Maha Memiliki?!
 
source: dok. pribadi
innalillahi wa innailaihi rojiun...

selamat jalan, ibu... peluk sayang dari keponakanmu yang keras kepala ini.

tunggu saya di sudut surga nanti.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

menghargai rahasia

Minggu, 06 Juli 2014 | Label: , | 0 komentar

mungkin semuanya udah pada tahu kalo di bulan ramadhan, menahan diri untuk tidak bergosip adalah suatu keharusan kewajiban. salah satu penyebab kenapa banyak orang puasa hanya mendapatkan lapar dan haus, ya... karena ini. everybody love juicy gossip, jadi mari kita akui bersama... inilah dorongan yang paling sulit ditahan dari semua dorongan yang wajib untuk ditahan selama bulan ini.

o... nggak. saya nggak mau membahas seputar gosip asal muasal tudung fatimah – or whatever the name – , tapi saya akan bercerita sedikit seputar kata ‘rahasia’.

tahukah kita, kalo rahasia itu seperti kutukan. begitu kita mendengarnya, maka secara otomatis kita lah yang harus menjaganya agar tetap menjadi rahasia. jadi nggak ada yang namanya rahasia umum. kalo udah kedengaran khalayak ramai namanya bukan lagi rahasia.

yang pengen saya ceritain dikit disini adalah bagaimana menghargai rahasia.

source: devonmorris.org
salah satu cara menghargai rahasia adalah dengan tidak menceritakan rahasia itu sendiri ke orang lain. two can’t keep secret, so keep your secret with yours. let the secret be the secret.

itu kalo rahasianya milik kita. gimana kalo seseorang baru saja memindahkan ‘kutukan’-nya ke kita? yang paling tepat adalah diam dan menahan diri. susah? mungkin, tapi bukan berarti nggak bisa. mari menganggap ‘kutukan’ ini sebagai amanah. dengan begitu akan lebih mudah buat kita untuk tidak mengungkapnya. nggak mau kan dicap sebagai seseorang yang nggak amanah?!

nah, di bulan ini lah kita belajar untuk bisa menahan diri demi menghargai rahasia. kalo kita berhasil melakukannya, yang bisa kita peroleh adalah satu hal yang mahal harganya...

sebuah kepercayaan.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

bulan berbagi

Sabtu, 05 Juli 2014 | Label: , | 0 komentar

ramadhan seringkali diidentikkan dengan bulan berbagi. jumlah kegiatan amal yang diselenggarakan pada bulan ini pun terasa lebih banyak dibanding bulan-bulan yang lain. belum lagi sejumlah iklan dari berbagai perusahaan yang menawarkan kesempatan berbagi pada sesama dengan membeli produk mereka. jadi ya jangan heran kalo memang disebut bulan berbagi.

ada yang menarik dari kata ‘berbagi’. kali ini saya nggak mau membahas soal berbagi secara materi dengan sesama. buat saya pribadi sih, itu memang keharusan (apalagi kewajiban membayar zakat fitrah di akhir ramadhan nanti) dan nggak perlu dipertanyakan lagi. tapi bagaimana berbagi dengan diri sendiri? bukan materi, tapi waktu? sudahkah kita melakukannya di bulan penuh berkah ini?!

saya ambil contoh nih. kalo ditanya sampai hari ini sudah berapa kali kita berbuka puasa di luar rumah, baik itu sama keluarga, sejawat, sahabat, atau siapapun lah? jawabannya pasti beragam. ada yang baru sekali, ada yang sudah sampai tiga kali, atau bahkan ada yang sampai hari ini terus berbuka puasa di luar rumah. dari sini kita bisa sama-sama lihat kalo paling ada sekali kita melakukannya selama bulan ramadhan ini.

nah, gimana kalo pertanyaannya diganti kayak gini... sudah berapa kali kita menambah ilmu untuk diri kita sendiri sampai hari ini? sudah coba resep baru untuk menu berbuka puasa? sudah membaca kisah-kisah teladan dari para nabi? sudah browsing fakta seru seputar ramadhan? sudah menemukan tips biar bisa khatam di akhir bulan ramadhan nanti? kalo jawabannya sudah, berarti kita termasuk orang-orang yang beruntung. kalo belum... masih ada waktu kok asal diniatin.

source: baliblogger.org
sekedar mengingatkan kalo berbagi tidak selalu mengenai materi, tapi juga bagaimana cara kita mengembangkan diri. materi untuk berbagi akan lebih mudah dicari apabila kita bisa lebih mengembangkan diri.

so...

saatnya kita berbagi untuk menyenangkan banyak hati. saatnya kita mulai dengan diri sendiri.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

04.07.2014

Jumat, 04 Juli 2014 | Label: , , | 0 komentar

dear, kamu...

ingatkah kamu, sebelas tahun lalu kita pertama kali bertemu lewat buku ini?

source: www.gagasmedia.net
kamu memberiku sesuatu yang baru. sesuatu yang berbeda dari apa yang biasa ditawarkan padaku. senyum, tawa, tangis, canda, dan bahagia. ini lebih menyenangkan dari sekedar duduk santai di sebelah ronald sambil melahap big mac.

bagaimana dengan ini?

source: www.gagasmedia.net
sebuah buku yang kamu berikan padaku dan hanya sempat kubaca sekali dan langsung lenyap dari rak bukuku. tidak ada yang mengaku kemana buku darimu dipindahkan. bertahun-tahun aku mencoba mereka jejak cerita di sana sampai akhirnya kamu memberikanku lagi dalam versi repackage.

source: www.gagasmedia.net
cerita-cerita manis darimu terus berlanjut dan ide-ide kreatifmu semakin membuatku tertegun. seperti yang satu ini.

source: www.gagasmedia.net
tahukah kamu, yang paling memorable buatku sampai hari ini adalah saat kamu memberiku sebuah buku dari penulis favoritku dengan cover yang kusebut where simplicity meets elegance. sulit bagiku mengatakan lupa untuk karya yang satu ini.

source: www.lensabuku.com
lalu... kuberanikan diri mengajukan ‘lamaran’ padamu.

tidakkah kamu tahu, gundah gulana jadi temanku selama kamu menyuruhku menunggu?! entah kenapa empat bulan terasa seperti seabad buatku demi mendengar keputusanmu.

dan di suatu sore, kamu menjawab ‘lamaran’ku. kamu bilang setuju. tak kupedulikan lagi berbagai syarat yang kamu ajukan padaku agar aku bisa bersamamu. kita telah jadi satu.

source: www.gagasmedia.net
source: www.gagasmedia.net
seiring perjalanan waktu, meski terpaut jarak, telah begitu banyak yang kudapat darimu. bukan hanya sekedar ilmu, tapi juga sahabat-sahabat yang memberiku begitu banyak kebaikan untuk memotivasiku bisa berbuat sesuatu. seperti sebuah rumah, aku menemukan nyaman dan hangat denganmu.

source: www.gagasmedia.net
source: www.gagasmedia.net
source: www.gagasmedia.net
hari ini kamu berulang tahun. begitu banyak doa dan harapan yang ingin kuhaturkan padamu, namun mungkin takkan cukup barisan kata diuntai untuk itu.

happy birthday, GagasMedia.


terima kasih telah lahir dan memberikan banyak inspirasi berarti bagi bangsa, terutama kaum muda Indonesia.

#11tanpabatas

jangan berhenti... teruslah menghasilkan karya buat semesta.

*peluk hangat dariku*


- aL -


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

#1

Minggu, 29 Juni 2014 | Label: , | 0 komentar

menepati janji yang dibuat kemarin, setiap weekend – jumat, sabtu, dan minggu – di bulan ramadhan ini saya akan posting tentang sesuatu yang (mudah-mudahan) bisa menginspirasi.

hari ini saya memilih tema “proud to be me”. sudah sewajarnya yang namanya manusia, pasti lah punya kelebihan dan kekurangan. tapi apakah wajar kalo karena kekurangan yang kita punya, kita berbuat sesuatu yang menyakiti hati orang lain?!

contoh kecilnya aja – nih contoh ya – misalnya kekurangan saya adalah nyinyir. yup, saya mengakui kalo saya memang nyinyir, apalagi dalam hal-hal yang sering kali dianggap orang lain masuk kategori remeh.  saya jadi nyinyir kalo menemukan orang lain yang dengan seenaknya meletakkan piring setelah makan di wastafel tanpa mencucinya. saya juga bisa nyinyir saat tiba di rumah dan menemukan letak laptop saya berubah dari saat saya tinggalkan. untuk banyak hal kecil, saya memang nyinyir dan itu saya akui sebagai kekurangan saya.

tapi... haruskah saya yang nyinyir ini menceritakan bahwa ada seseorang yang (juga) nyinyir kepada orang lain hanya untuk menutupi kekurangan saya ini sehingga orang lain nggak menganggap saya nyinyir?!

selalu ada hal baik pada kekurangan yang kita punya. dengan menjadi nyinyir, saya memperhatikan setiap detail. efeknya pekerjaan saya bisa selesai sampai detail terkecilnya. jadi buat apa saya benci diri saya dengan kekurangan saya?

source: www.ghostgirlparanormal.com
proud to be me. orang-orang sering mengatakan bangga lah dengan apa yang dipunyai oleh dirimu. mau kelebihan... mau kekurangan... bangga lah. dengan bangga menjadi diri kita itu berarti kita juga menghargai diri kita. kalo kita aja nggak bisa menghargai diri kita, apa kita layak berharap orang lain menghargai kita?!

jangan teriak “proud to be me” dulu kalo kita masih terus memanfaatkan orang lain dengan menyakiti demi menutupi kekurangan kita...

semoga kita semua adalah orang-orang yang benar-benar “proud to be me”.


heart ya,

- aL –


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer