Personal Data

Foto Saya
aL dhimas
put the word in: uncommon
Lihat profil lengkapku

cerita 365 keba(j)ikan: hari ketujuh puluh delapan

Sabtu, 18 Maret 2017 | Label: | 0 komentar


beberapa hari terakhir saya streaming project runway junior season 2, salah satu acara tv favorit saya. acara yang menampilkan bakat-bakat anak muda dalam hal desain pakaian. menurut saya, tayangan ini cukup inovatif dan juga inspiratif dibanding tayangan dari tv lokal – mohon maaf tapi begitu lah yang saya rasakan –.

ada pelajaran yang saya ambil di sela-sela saya menikmati musim kali ini. jangan mengkritik kalau tidak bisa memberi masukan. kira-kira seperti itu lah apa yang saya dapat dari para juri.

saya jadi teringat, dulu saya termasuk orang yang cukup vokal saat mengajukan kritik. saya sampai lupa kalau dalam setiap kritik selalu ada saran setelahnya. seringnya dulu kalau sesuatu terlihat jelek ya saya bilang jelek. saya nggak pernah ngasih masukan apapun, sampai akhirnya saya sadar ada sebuah proses yang nggak saya hargai setelah melakukannya.

sejak karya pertama saya terbit, baru lah saya sadar bagaimana hasilnya tetap ada proses yang mendahuluinya. beberapa proses memang ada yang terlihat gampang, tapi nggak jarang banyak yang mesti berjibaku dengan proses itu sendiri. sayangnya belum tentu setelah jumpalitan pada saat proses, hasilnya akan mendapat respon positif. dari situ lah saya belajar untuk memberikan kritik dan melengkapinya dengan saran untuk menjadikan sesuatu lebih baik di masa depan.

saya suka dengan cara tim gunn selaku mentor memberikan masukan kepada para desainer muda tersebut. beliau selalu berusaha memilih kata yang tepat untuk menyampaikan kritikannya. kalaupun beliau tidak menemukannya, beliau akan meminta maaf sebelum menyampaikan dalam bahasa yang cukup kasar.
 
tetap sih ada drama tangis-tangisan khas reality show, tapi tetap acara ini punya banyak hal positif yang bisa didapat setelah menontonnya. semoga kelak tontonan tv lokal bisa seperti ini.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer