Personal Data

Foto Saya
aL dhimas
put the word in: uncommon
Lihat profil lengkapku

cerita 365 keba(j)ikan: hari keenam puluh

Rabu, 01 Maret 2017 | Label: | 0 komentar


dulu saya sering diingatkan almarhumah ibu saya untuk hidup hemat. ya, saya memang menabung demi mengikuti perintah ibu saya tapi ya tetap saja tabungannya digunakan untuk liburan atau beli barang-barang. dulu saya pikir ya memang itu lah tujuannya. berhemat untuk memenuhi keinginan saya.

sekarang setelah ibu nggak ada, saya jadi paham kalau berhemat bukanlah perkara memenuhi keinginan saya tapi tentang kebutuhan saya. ternyata tujuan berhemat adalah ketika saya membutuhkan sesuatu saya tidak lagi harus pusing apalagi cemas. jadi tujuan berhemat adalah memberi kita, paling tidak, sedikit ketenangan.

sudah banyak contoh di sekitar saya bagaimana hidup orang yang boros untuk memenuhi sekedar keinginannya. saya nggak akan menghakimi mereka, tapi menjadikan pelajaran buat saya supaya nggak jadi seperti mereka. saya sudah cukup cemas dengan banyak hal, kalau berhemat bisa membuat saya mengurangi kecemasan saya akan beberapa hal... ya, saya akan lakukan.
 
berhemat sejak dini, biar kelak tak perlu memalukan diri sendiri.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer