Personal Data

Foto Saya
aL dhimas
put the word in: uncommon
Lihat profil lengkapku

cerita 365 keba(j)ikan: hari keempat puluh tiga

Minggu, 12 Februari 2017 | Label: | 0 komentar


hari minggu ini saya habiskan dengan menjelajahi dunia maya dengan tema opini. ya, saya memilih untuk membaca sejumlah tulisan berisi opini tentang hal-hal acak. tentang politik, tips, hiburan, bahkan biografi yang didasarkan pada sebuah opini.

buat saya pribadi, semua yang saya baca hari ini menarik. ada yang membuat saya tersenyum, tertawa geli, geleng-geleng kepala, sampai mengernyitkan dahi. ya, namanya opini, pastinya beragam.

sayangnya, sejumlah opini tampaknya ditulis secara ‘brutal’ tanpa mengindahkan keindahan bahasa. memang sih opini itu bebas, tapi perlu diingat kalau bebas bukan berarti bablas. sepertinya tidak ada yang salah dengan pembungkusan aksara indah ketika kita mengekspresikan apa yang ada di pikiran kita, dalam hemat saya ya.

saya jadi ingat kata salah satu guru ngaji saya dulu bahwa goresan pena seringkali lebih tajam dari sayatan pedang. sebagai seseorang yang terjun dalam dunia tulis menulis, sekarang saya paham benar maksud beliau. apa yang kita tuliskan memiliki rekam jejak yang belum tentu dapat dihapus, jadi sebaiknya ketika menulis pergunakanlah tata bahasa yang baik dari segi apapun sehingga kita bisa meminimalisir adanya pihak-pihak yang (mungkin) tersakiti.
 
sebab akan lebih mudah membuka cakrawala, ketika kita mampu menulis dengan bijak.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer