Personal Data

Foto Saya
aL dhimas
put the word in: uncommon
Lihat profil lengkapku

Behind The Chemistry

Senin, 31 Maret 2014 | Label: | 0 komentar

Helllooo, universe....

Pagi ini saya mau cerita nih soal proses penulisan dan kreatif novel terbaru saya berjudul Chemistry yang udah bisa didapetin di toko buku. Oh iya, biar nggak bertanya-tanya... novel ini adalah proyek berseri dari GagasMedia yang menceritakan tentang gimana kompleksnya kehidupan di masa-masa sekolah alias Seven Complicated Hours Of Our Life (S.C.H.O.O.L). Di setiap serinya akan dibahas juga tentang mata pelajaran yang biasa diajarkan di sekolah. Nah, untuk seri pertama ini berfokus pada mata pelajaran Kimia di masa SMA.

Baiklah. Let’s start with...

Saat pulang dari luar kota, di suatu pagi saya mengecek e-mail dan menemukan e-mail dari Christian Simamora alias Abang alias Ino – yang pada saat itu masih menjabat sebagai kepala desk fiksi GagasMedia, sekaligus editor untuk semua novel saya –. Sedikit bertanya-tanya dalam hati, apa gerangan isinya karena pada saat itu saya baru saja menyelesaikan proyek GagasDuet asuhannya. Begitu e-mail saya baca, saya langsung bersemangat plus deg-degan. Bersemangat karena ada genre baru yang bisa saya tantang. Deg-degan ketika melihat nama-nama penulis lain yang “sangat mengintimidasi”. Namun saat itu, semangat dan antusiasme saya mampu mengalahkan deg-degannya saya. Saya resmi bergabung dengan proyek S.C.H.O.O.L.

Kalo pada saat terlibat proyek Glam Teen referensi saya adalah segala sesuatu yang glamor, maka kali ini genre bildungs roman yang dipilih bikin saya harus berpikir keras gimana caranya saya bisa nulis tentang perkembangan remaja dengan referensi buku pelajaran. Tantangan banget, menurut saya.

Saya memilih kimia sebagai mata pelajaran yang akan membantu si tokoh utama, Marsha a.k.a Icha. Lumayan sulit karena saya harus kembali belajar layaknya masa-masa sekolah yang sudah cukup lama saya tinggalkan, tapi yang namanya tantangan ya harus dihadapi. Kalo nggak, kita nggak akan tahu bisa apa nggak melewatinya.

Selanjutnya tema yang saya angkat di sini adalah persahabatan. Kenapa persahabatan? Karena di masa-masa SMA biasanya ikatan persahabatan jauh lebih kuat dibanding ikatan lainnya. Dan seperti biasa, alasan memilih geng cewek adalah karena masalah persahabatan mereka biasanya lebih kompleks dari geng cowok.

Proses penulisan Chemistry ini punya cerita sendiri. Bagaimana saya harus bolak balik buku pelajaran kimia dan menyambungkan isinya dalam plot. Atau ketika harus menahan diri sekuat mungkin agar tokoh Phil tetap menjadi the boy next door yang keeksisannya tidak boleh melampaui tokoh Icha and the gank namun tetap harus bisa mencuri perhatian readers. Dan saat editor mengingatkan untuk seminimal mungkin menggunakan lokasi di luar sekolah sebagai latar karena di sekolah waktu perkembangan remaja banyak dihabiskan.

Kesulitan saat proses menulis novel ini tentu saja ada. Kadang-kadang suka “nyasar” dari pakem “cerita remaja yang simpel” dengan bikin konflik yang berlebihan atau over expose pelajaran kimia yang bikin terlihat seperti buku pelajaran bukan novel. Untunglah, saya bisa kembali ke “jalan yang benar” berkat tuntunan editor. Kesulitan lain yaitu sempat pada awalnya kesulitan buat ngedapetin school feeling para tokoh dan chemistry antara tokoh Icha dengan Phil, namun berkat bantuan lagu-lagu Shota Shimizu – hasil rekomendasi teman saya, Boyke Frederick Rondberg,  - akhirnya saya bisa menemukan the right path

Secara keseluruhan, saya sangat  SANGAT menikmati proses penulisannya.

Untuk proses kreatifnya juga tidak kalah mendebarkan buat saya. Mulai dari editan, pemilihan cover, sampai tampilan di dalam novel. Prosesnya memang memakan waktu yang cukup lama sampai akhirnya alhamdulillah S.C.H.O.O.L: Chemistry pun siap untuk dirilis.

Terima kasih buat GagasMedia yang masih percaya sama saya untuk bergabung di proyeknya. Abang Christian Simamora yang sangat banyak membantu. Levina Lesmana a.k.a Lele yang desain kreatifnya bikin cover saya menjadi “sesuatu”. Tim promo GagasMedia, Ugie dan Aveline, yang sudah bekerja keras. Serta, semua pihak yang terlibat di proyek ini... sori ya nggak bisa disebutin satu-satu di sini.

Hmm... kalo cerita aja nggak ada hadiahnya nggak seru juga ya?! Oke deh, bagi yang ingin mendapatkan buku Chemistry, bisa ikutan kuisnya nih. Ada 2 novel yang bakal saya bagikan untuk 2 orang yang beruntung dalam kuis kali ini.


Caranya: Biar ‘chemistry’  kamu makin kuat, share dong apa yang bakal kamu lakuin untuk terus menciptakan CHEMISTRY dalam persahabatan kamu. Mention satu temen kamu juga di twitter, lalu mention saya dan gunakan #Chemistry untuk setiap tweet kamu. Maksimal lima (5) tweet untuk setiap orang (temen yang di-mention nggak harus sama per tweet). Dua orang yang paling kreatif dalam menciptakan CHEMISTRY ke temannya akan mendapat novel S.C.H.O.O.L: Chemistry. Kuis akan saya tutup pada pukul dua siang dan langsung diumumkan saat itu juga.

Jadi kira-kira... siapa ya yang chemistry-nya paling kuat ya?!


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer